Alur berkelok karier Galank Gunawan berakhir di rumah sendiri. Pemilik nomor punggung 66 itu akan memperkuat Bank BPD DIY Bima Perkasa di Indonesian Basketball League (IBL) 2021 mendatang. Pemain berjuluk Raja Rebound itu sebelumnya pernah membawa Bima Perkasa lolos ke fase playoff musim 2018/2019 dan peringkat tiga Piala Raja Jogja Istimewa Cup 2019 sebelum hijrah ke Louvre Surabaya.

“Bermain untuk tim Jogja itu selalu membanggakan buat saya. Alasannya hanya itu dan sekarang momentum yang sangat pas sekali buat saya pulang ke rumah,” kata Galank.

Galank memulai karier profesionalnya di Satria Muda lalu (2008-2013) lalu Garuda Bandung (2013-2018), satu musim di Bima Perkasa lantas hijrah ke Louvre Surabaya tahun lalu. Ia akan memberi 1000 persen kemampuan dan hatinya untuk satu-satunya wakil Jogja di liga tertinggi tanah air itu musim ini. Apalagi kekuatan Bima Perkasa saat ini tak bisa dianggap remeh setelah mendatangkan Defensive Player Of The Year Indra Muhammad dan pemain berpengalaman Rachmad Febri Utomo.

Di bawah kepala pelatih David Singleton, para pemain lain seperti Azzaryan Pradhitya, Nuke Tri Saputra, Restu Dwi Purnomo, Ali Mustofa, Raylly Pratama, Reza Arfah, Tifan Eka Pradita, dan lain-lain makin matang.

“Skuad yang sekarang menurut saya bisa tembus final four dan bila kami berjuang bersama kita bisa beri kejutan. Target pribadi saya mau merasakan gelar juara lagi sebelum pensiun. Ketika masih bisa main, saya akan kejar itu (gelar juara),” tegas Galank.

Galank sendiri satu dari dua bigman kelas wahid yang didatangkan pendiri sekaligus presiden klub dr.Edy Wibowo setelah banyak berdiskusi lalu berkomunikasi dengan Kanca Bima (fans Bima Perkasa). dr.Edy menjelaskan kritik dan saran dari fans selalu jadi salah satu pertimbangan klub untuk membenahi klub terutama dalam memperdalam skuad.

Setelah Galank, bakal ada bigman kelas satu lainnya yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

“Fans minta bigman untuk memperdalam skuad. Kami tidak hanya datangkan satu, tapi dua bigman sekaligus. Salah satunya Galank Gunawan dan satu lagi yang sudah sangat akrab di telinga fans akan diperkenalkan dalam waktu dekat,” papar dr.Edy.