Bank BPD DIY Bima Perkasa menyudahi perburuan pemain di bursa transfer Indonesian Basketball League (IBL) 2021 dengan mengembalikan Isman Thoyib ke pentas bola basket tertinggi tanah air. Kolektor enam kali juara liga basket profesional plus tiga medali perak saat membela Tim Nasional (Timnas) basket Indonesia itu membubuhkan kontrak berdurasi satu musim.

Tahun ini adalah kali ketiga Thoyib come back ke dunia basket pro setelah sebelumnya kembali membela CLS pada 2016 dan Stapac tahun 2018.

“Setelah pensiun selama satu tahun ternyata naluri dan passion saya masih di basket. Saya merasa masih kompetitif, jiwa muda untuk bersaing di IBL masih ada. Kebetulan ada tawaran juga dari beberapa klub IBL untuk come back, tapi saya memilih Bima Perkasa karena paling tepat,” kata Thoyib.

Salah satu alasan yang membuatnya menerima pinangan Bima Perkasa adalah fans basket Yogyakarta. Tiap perhelatan IBL, Kanca Bima (fans basket Bima Perkasa) selalu memenuhi venue pertandingan. Di sisi lain, manajemen Bima Perkasa juga mampu merawat hubungan baik dengan fans, contohnya ketika pendiri sekaligus presiden klub dr.Edy Wibowo mendengarkan saran Kanca Bima agar mendatangkan bigman untuk memperkuat tim “Selain itu orang tua mendukung saya untuk main di Bima Perkasa,” tambah pemilik nomor punggung 34 itu.

Dengan bergabungnya Isman Thoyib, Bank BPD DIY Bima Perkasa telah berkekuatan 15 pemain. Di kompetisi yang akan digelar 15 Januari nanti Bima Perkasa diperkuat Azzaryan Pradhitya, Nuke Tri Saputra, Tifan Eka Pradita, Reza Arfah, Ali Mustofa, Restu Dwi Purnomo, Raylly Pratama, David Simeone Lavi, Samuel Devin, Avin Kurniawan, Ferdian Ravanelli, Indra Muhammad, Rachmad Febri Utomo, dan Galank Gunawan.

Mengembalikan Thoyib adalah bukti pembenahan serius yang dilakukan manajemen agar tim makin kompetitif. Pancang tim diperbaiki lebih dulu dengan mendatangkan pelatih asal Amerika, David Singleton. Lalu, mereka menambah kedalaman skuad dengan mendaratkan Rachmad Febri Utomo dan peraih gelar Defensive Player Of The Year Indra Muhammad lalu memulangkan Galank Gunawan.”Kalau melihat komposisi pemain yang sekarang, bisa bersainglah dengan semua klub IBL tahun ini. Target pribadi saya ingin juara bersama Bima Perkasa,” tegas Thoyib